fbpx
Mengenal Lebih Dekat Mr. Kalend, Pioneer Kampung Inggris Pare

Mengenal Lebih Dekat Mr. Kalend, Pioneer Kampung Inggris Pare

Halo Sobat Garlint Family.... Sobat Garlint Family pasti sudah tidak asing lagi dengan Kampung Inggris Pare, tentunya juga sudah mengetahui bagaimana atmosfir yang ada di dalam Kampung Inggris Pare. Sobat Garlint Family pasti merasa penasaran siapa pencetus atau pendiri Kampung Inggris, Pare.

Kali ini kita akan mengenal lebih dekat lebih dekat siapa sosok pendiri Kampung Inggris Pare. Sobat Garlint Family sudah pernah mendengar nama Pak Kalend? Ya, siapa yang tidak mengenal Pak Kalend atau yang lebih populer dipanggil Mr. Kalend, hampir semua siswa yang sedang mengikuti kursus di Kampung Inggris Pare mengenal Mr. Kalend.
pendiri kampung inggris
Mr.Kalend ketika menerima kunjungan dubes Inggris.(sumber: http://www.becpare.com/)
Lelaki yang memiliki nama lengkap Muhammad Kalend Osen merupakan kelahiran asli Desa Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 20 Februari 1945 (sumber dari harian Jawa Pos Radar Kediri edisi Minggu 28 Maret 2010). Mr. Kalend, merupakan pencetus dan pendiri Kampung Inggris Pare, awalnya Mr. Kalend adalah seorang santri asal daerahnya yang sedang menimba ilmu di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, lalu Beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan dan terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena Beliau tidak sanggup menanggung biaya pendidikan. Jangankan pendidikan biaya untuk pulang kembali ke Kutai Kartanegara saja Beliau tidak ada biaya.

Dikutip dari https://lenterakecil.com menceritakan bahwa dalam situasinya yang sulit itu, salah satu temannya memberitahukan adanya seorang ustadz yang bernama K.H. Ahmad Yazid di Pare yang menguasai delapan bahasa asing salah satunya mahir bahasa Inggris. Mr. Kalend muda kemudian berniat untuk berguru, dengan harapan setidaknya dapat menguasai satu atau dua bahasa asing darinya. Ia lalu mulai tinggal dan belajar di Pesantren tersebut.

Berawal dari itu kemudian Mr. Kalend mendirikan kursus bahasa Inggris untuk yang pertama kali di Kampung Inggris Pare dengan murid Beliau yang pertama berjumlah enam orang saja dan sampai sekarang jumlah murid Beliau sudah mencapai ribuan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman berdiri kursus-kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare mungkin sekarang jumlahnya sudah mencapai ratusan. Kesuksesan Mr. Kalend tidak mengubah gaya hidup Beliau, sampai sekarang Beliau tetap pria sederhana baik penampilan dan gaya hidupnya. Beliau memilih tidak membeli mobil, kemana-mana ia cukup mengayuh sepeda angin tuanya. Beliau bahkan tidak memiliki handphone. Sampai sekarang, Mr. Kalend juga masih tetap mengajar, bahkan Beliau juga masih mendampingi murid-muridnya ke Candi Borobudur untuk mempraktekkan bahasa asing yang mereka dapat dengan bercakap-cakap dengan turis-turis mancanegara. Bagaimana Sobat Garlint Family? Apakah Sobat Garlint Family sudah mengenal sosok pendiri Kampung Inggris Pare. Jika Sobat Garlint Family ingin mengenal atau mengenal lebih dekat dengan Mr. Kalend, Sobat Garlint Family bisa langsung datang ke Kampung Inggris Pare, pastinya tidak hanya berniat untuk liburan saja, meliankan juga untuk belajar memahami bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *